Malaz Restaurant, dan komunitas asing di Saudi…

sabtu pagi,  saatnya olahraga… semagat pagi!

Seperti minggu lalu, sabtu pagi adalah waktunya untuk main badminton. silaturahmi

2013-01-14 20.40.02

dengan teman – teman dan sambil mengeluarkan keringat. maklum di negeri rantau yang panas ini, agak susah juga nyari klub olahraga, jadi ya salah satunya kita buat sendiri. Grup badminton ini sebenarnya udah lama, ya setidaknya sejak gua datang ke mari, satu setengah tahun yang lalu udah ada. dulu kita sering mainnya malam, namun semenjak ada peraturan tidak boleh ada kegiatan malam, kita pindah ke pagi. okelah biar makin seger …🙂

setelah puas 2 jam di lapangan, kita lanjut untuk sarapan di Malaz Restaurant, restaurant india yang terletak antara King Fahad Road dan Olaya Road. Restaurant ini merupakan salah satu restaurant favorite kita untuk sarapan. menunya sedap, dengan cita rasa india,. asam pedas jadi satu…  harga nya juga cukup murah untuk porsi : Prata + Chiken Curry + Egg Massala + Sahe + Creaker, cukup merogoh 12 Reyal saja. dan Restaurant ini sangat ramai dikunjungi terutama dari teman” Asia Selatan : India, Pakistan, Bangladesh, atau Srilangka juga terkadang ada wajah” Asia tenggara dan juga orang saudi juga.

Selain Malaz, masih banyak restaurant india yang ada di Riyadh,. selain karena rasa yang anikmat ini juga karena jumlah immigran asal negri ramayana itu juga tercatat yang terbesar di saudi. Pada Tahun 2010 Saja, berdasarkan sensus resmi yang release, ada sekitar 8.5 juta expatriate dari total penduduk 27.2 juta jiwa, atau mencapai 31% dari jumlah penduduk yang ada. dari jumlah tersebut tercatat ata 1.3 juta jiwa berkebagsaan india, 900 rb berkebangsaan pakistan, 900 rb Mesir, 900 ribu Yaman, dan 500 ribu Bangladesh. Indonesia sendiri tercatat secara resmi, tidak kurang dari 250 ribu jiwa. jumlah ini belum termasuk dari Philipina, Jordan, Palestine, Malaysia, Srilanka, Sudan, Syria, dan banyak lagi yang lain, serta pendatang ilegal (tanpa izin tinggal resmi dari pemerintah saudi, Iqama). Dalam dokumen yang lain malah tercatat ada 9 juta pendatang resmi, dan 2 juta pendatang illegal dari total 27 juta penduduk di saudi.

Saudi sendiri sebenarnya sangat bergantung sekali kepada pekerja dari luar negri atau expatriates,. Roda perekonimian negara ini, secara umum dijalankan oleh para pendatang, meskipun jumlah tidak sedikit warga asli saudi yang terlibat. kehadiran para pendatang luar ini, tidak lepas dari booming industri perminyakan antara tahun akhir 70-an dan 80-an. meskipun sebenarnya sudah mulai sejak tahun 1920, selepas perang dunia I. penguasa Saudi saat itu bekerja sama dengan SoCal (Standard Oil of California) pada tahun 1921. Dengan Sumur eksplorasi pertama berhasil menghasilkan minyak pada tahun 1938.

sebenarnya pada saat deklarasi kemerdekan (ditandai dengan penyatuan Hejaz dan Najm), pada tanggal 23 September 1932, Saudi Arabia merupakan negara termisikin di dunia. dengan dataran yang tandus dan miskin akan sumber daya alam. namun penemuan cadangan minyak yang sangat besar (saat ini kedua terbesar setelah venezeula) telah merubah negara tersebut, menjadi salah satu negara dengan Gross Domestic bruto terbesar di dunia. selain minyak Saudi arabia juga merupakan negara ke-6 terbesar dalam cadangan gas,.

Balik lagi ke cerita migrant atau pendatang,. sebagian besar pendatang terutama yang berasal dari eropa atau amerika, mereka akan tinggal di kompleks khusus. kompleks khusus ini atau biasa disebut sebagai compound, memiliki aturan yang disesuaikan dengan penghuninya. dengan demikian mereka dapat hidup dan sesuai dengan kebiasaannya (dengan penyusuaian tentunya) dengan kebiasaan di negara asal mereka. namun biaya yang harus dibayarkan, sering cukup merogoh kantong lebih dalam. yah mungkin sesuai dengan apa yang mereka peroleh dari apa yang mereka dapat.🙂

Sayid.

“Those who do not want to imitate anything, produce nothing.” Salvador Dali.

This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s